PROFIL DESA
KONDISI UMUM DESA JUNGSEMI
1.1 Kondisi Geografis
Berdasar letak Geografis wilayah , Desa Jungsemi berada di sebelah barat utara Ibu Kota Kabupaten Kendal. Desa Jungsemi merupaka salah satu desa di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, dengan jarak tempuh ke Ibu Kota Kecamatan 2 Km dan ke Ibu Kota Kabupaten 20 km/mil laut, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 (dua) 45 – 50 menit.
Batas- batas Desa Jungsemi adalah:
Sebelah utara Laut Jawa
Sebelah Timur Desa Tanjung Mojo, Kali Blukar
Sebelah selatan Desa Karangmalang Wetan dan Desa Kangkung
Sebelah Barat Desa Karangmalang Wetan
Desa jungsemi berada di LS 6^54’26.3” BT 110^07’12.3” dengan ketinggian 10m diatas permukaan laut Luas wilayah daratan Desa Jungsemi adalah 623,6 Km² dengan panjang pantai 2.52 Km². Luas lahan yang ada terbagi dalam beberapa peruntukan, dapat dikelompokan seperti fasilitas umum, pemukiman, pertanian, kegiatan ekonomi dan lain-lain.
Secara administratif wilayah Desa Jungsemi terdiri dari 27 (dua puluh tujuh) RT, dan 4 (empat) RW, meliputi 3 (tiga) dukuh yaitu : Dukuh Srandu, Dukuh Clumprit, dukuh Kemejing. (Peta Desa terlampir).
Secara topografi Desa Jungsemi berada di bagian utara Kecamatan Kangkung dengan seluruhnya berada pada dataran rendah.
Dengan kondisi topografi demikian, Desa Jungsemi memiliki variasi ketinggian antara 1 m sampai dengan 11 m dari permukaan laut. Daerah terendah adalah di wilayah pinggir pantai dan Daerah yang tertinggi berada di wilayah RT 06/RW 03.
SEJARAH DESA JUNGSEMI
Desa Jungsemi merupakan salah satu desa yang terletak di pantai utara, yang penduduknya berpmata pencaharian Petani. Pada masa Kerajaan Mataram yang pimpin oleh Sultan Agung pada waktu itu masa penjajahan belanda, Raja Mataram memutuskan untuk mengadakan perlawanan terhadap penjajah Belanda yang pada waktu itu berpusat di Batavia.
Untuk persiapan mengadakan perlawanan menghadapi Belanda, Raja Sultan Agung memanggil semua Adipati dan pembesar kerajaan untuk mengadakan pertemuan besar yang dipimpin oleh Sultan Agung sendiri yang sebelumnya tidak dikasih tau tempatnya dimana (dirahasiakan). Ternyata tempatnya di pesisir Utara (sekarang Makam Kemangi) dan dikelilingi pagar yang tidak kasat mata, Oyot Miman (penduduk setempat menyebutnya) agar pertemuan tidak bocor oleh telik sandi penjajah Belanda.
Setelah melalui musyawarah serta saran-saran dari para Adipati dan para pembesar Kerajaan, maka akhirnya diputuskan bahwa Mataram mengadakan atau menyatakan perang terhadap Belanda, Namun yang tadinya tempat musyawarah (sekarang Makam kemangi) dikelilingi oleh benteng yang tidak kasat mata (Oyot Miman penduduk setempat menyebutnya), belum dihilangkan sampai dengan saat ini, sehingga dimanfaatkan oleh para ahli spiritual.
Akhirnya Pimpinan dan Panglima perang pun disusun oleh dan ditetapkan, diantaranya Tumenggung Bahurekso beliau adalah Adipati Kendal dan Gubernur Pesisir Laut Jawa.
Dibayangkan bahwa Kendal akan maju dan menjadi tempat ramai dan menjadi pusat perhatian para Sentono kerajaan-kerajaan para Adipati, Tumenggung dan para pembesar kerajaan lainnya akan tertuju pada figur Adipati/ Tumenggung Bahurekso dan Kabupaten Kendal yang akan menjadi pusat persiapan perang dengan tentara VOC Batavia. Adalah beliau mbah Sokerto Wongso Dikromo (Mbah Laistiddin/ Simbah Kemangi) selalu mengajarkan kepada pengikutnya untuk membantai sifat-sifat rakus seperti penjajah VOC Belanda yaitu orang yang kulitnya berwarna bule, hingga sampai dengan saat ini selalu diadakan/ diperingati setiap 3-5 tahun sekali penyembelihan Kerbau bule (kerbau yang warnanya albino) yang diibaratkan orang Bule.
Kendal memiliki cacatan sejarah yang agung, pada saat itu Kendal menjadi tempat berkumpulnya para pembesar-pembesar kerajaan, banyak Adipati dan Tumenggung yang harus meninggalkan daerahnya dan berkumpul di Kendal.
Para pembesar kerajaan yang berkumpul di Kendal dalam rangka persiapan perang melawan Belanda di Batavia antara lain :
1. |
Tumenggung Bahurekso |
|
15. |
Kyai Mojo |
2. |
Pangeran Purboyo |
|
16. |
Tumenggung Bagamanda |
3. |
Pangeran Juminah |
|
17. |
Raden Haryo Pungkono |
4. |
Tumenggung Mandurejo |
|
18. |
Raden Mutahar |
5. |
Tumenggung Upahasanta |
|
19. |
Tumenggung Pasir Puger |
6. |
Tumenggung Kertiwongso |
|
20. |
Pangeran Karang Anom |
7. |
Tumenggung Wongsokerto |
|
21. |
Pangeran Tanjung Anom |
8. |
Tumenggung Rajekwesi |
|
22. |
Tumenggung Panjirejo |
9. |
Raden Prawito Setyo |
|
23. |
Pangeran Puger |
10. |
Pangeran Kadilangu |
|
24. |
Tumenggung Singorono |
11. |
Pangeran Sojomerto |
|
25. |
Ario Wiro Notopodo (Suropodo) |
12. |
Raden Sulamjono (putra Tumenggung Bahurekso) |
|
26. |
Tumenggung Wiroguno |
13. |
Raden Banteng Bahu |
|
27. |
Raden Bagus Komojoyo |
14. |
Kyai Akrobudin |
|
|
|
Juga masih banyak tokoh-tokoh yang hadir dalam pertemuan persiapan perang melawan tentara VOC Belanda ke Batavia.
Tumenggung Bahurekso memutuskan bahwa pertemuan persiapan perang tidak dilakukan di Kadipaten tetapi disebuah tempat yang dekjat dengan pantai,oleh karena itu peserta pertemuan akhirnya disepakati bahwa tempat pertemuan harus dirahasiakan, dan tempat yang dipilih ternyata di tengah hutan tepatnya dibawah pohon yang sangat rindang, dan pohon itu sekarang dikenal dengan nama pohon Kemangi yang terletak di Desa Jungsemi.
Disisi lain selama dalam pertemuan di Paseban Kemangi itu berlangsung, ternyata memunculkan cerita tutur yang menjadi kenangan masyarakat sekitar diantaranya suasana di daerah yang menuju ke Paseban Kemangi benar-benar ramai, karena banyak pertinggalan leluhur Mataram menuju tempat itu.
Disetiap sudut wilayah selalu dijaga oleh banyak prajurit baik yang berasal dari kadipaten Kendal maupun yang berasal dari daerah lain, untuk menuju ke Paseban Kemangi para petinggi Mataram tidak langsung ke tempat paseban, mereka lebih dahulu disambut untuk istirahat di Padepokan Laduni Faqoh dan milik Tumenggung RajekWesi yang punya panggilan Semboro dan juga Kyi Akrobudin.
Padepokan Laduni Faqoh memang mempunyai daya dorong dan daya spiritual yang sangat tinggi, baik terhadap para petinggi Mataram maupun prajurit lainnya, dan tempat itu kemudian diilhami oleh Ari Wiro Notopodo atau Suropodo.
Berawal dari cerita tersebut diatas, bahwa Desa Jungsemi berasal dari dua suku kata yaitu : Ujung dan Semi (bahasa jawa) Ujung bgerarti Pangkal dan Semi berarti Tambah atau selalu bersemi, jadi Jungsemi berarti suatu Desa yang terletak dipangkal Ujung utara atau pantai laut yang selalu bertambah luas.
Pada masa penjajahan Belanda, waktu itu Desa Jungsemi mulanya terdiri dari 2 (dua) Desa, yaitu Jungsemi bagian Timur adalah dukuh Kemejing, dan Jungsemi bagian Barat, yaitu dukuh Clumprit dan Srandu, kemudian disatukan pada masa dipimpin oleh :
1. |
Tahun 1904-1920 |
Sumo atau Sumodiwiryo |
|
16 Tahun |
2. |
Tahun 1920-1928 |
Sirum atau Sastro Diwiryo |
|
8 Tahun |
3. |
Tahun 1928-1936 |
Mohtar |
|
8 Tahun |
4. |
Tahun 1936-1945 |
Abdul Hamid |
|
8 Tahun |
5. |
Tahun 1945-1984 |
Soemarijo (Kades) |
Soedaryo (Carik) |
39 Tahun |
6. |
Tahun 1984-1994 |
Munawar Soebarjo (Kades) |
Soedaryo (Carik) |
10 Tahun |
7. |
Tahun 1994-2004 |
Zaenuri (Kades) |
Sunarto (Carik) |
10 Tahun |
8. |
Tahun 2004-2009 |
Sulton |
Sunarto (Carik) |
5 Tahun |
9. |
Tahun 2009-2010 |
Randiman (PJ.Kades) |
Sunarto (Carik) |
1 Tahun |
10. |
Tahun 2010-2016 |
Sugiyono (Kades) |
Sunarto (Carik) |
6 Tahun |
11. |
Tahun 2016-2022 |
Dasuki (Kades) |
Nur Khozin (Carik) |
6 Tahun |
12. |
Tahun 2022 - Sekarang |
Dasuki (Kades) |
Nur Khozin (Carik) |
|
VISI
Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Jungsemi adalah :
“Terbangunnya Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Baik dan Berkarakter guna mewujudkan Kehidupan Masyarakat Desa yang Adil, Makmur dan Sejahtera”
Rumusan Visi tersebut merupakan suatu ungkapan dari suatu niat yang luhur untuk memperbaiki dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan di Desa Jungsemi baik secara individu maupun kelembagaan sehingga 6 (enam) tahun ke depan Desa Jungsemi mengalami suatu perubahan yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dilihat dari segi ekonomi dengan dilandasi semangat kebersamaan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelaksanaan Pembangunan.
MISI
Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional dalam rangka mewujudkan visi. Sebagai penjabaran dari visi yang telah ditetapkan, pernyataan misi mencerminkan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan sehingga roda pemerintahan desa dapat eksis menyelenggarakan fungsi kepemerintahannya sekaligus melakukan pelayanan masyarakat sesuai tuntutan kebutuhan yang dikehendaki pada masa yang akan datang.
Visi dan Misi Desa Jungsemi tentulah harus diikuti dengan tujuan dan sasaran kegiatan yang merupakan penjabarannya sebagai outline target yang ingin dicapai adalah sebagai berikut :
Tujuan :
a. Meningkatnya kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa yang demokratis, akuntabel, transparan dan responsif dengan aparatur pemerintahan yang profesional.
Tujuan :
Tujuan :
Tujuan :
Tujuan :
Tujuan :
Tujuan :
Tujuan :
Tujuan :
Foto | Nama | Jabatan |
---|---|---|
DASUKI | Kepala Desa | |
NUR KHOZIN | Sekretaris Desa | |
AHMAD IHWAN | Kaur Keuangan | |
PUJI RIWANTO | Kaur Tata Usaha & Umum dan Perencanaan | |
SOFWATIN HAJAROH | Kasi Pelayanan & Kesejahteraan | |
SUYATNO | Kasi Pemerintahan | |
MUHAMMAD HUSEIN ABDILLAH | Kepala Dusun I | |
MUJARONDI | Kepala Dusun II | |
ABDUL CHOLIQ | Kepala Dusun III | |
SRI SUHARYANTI | Kepala Dusun IV |